Resep Candil Ubi Jalar

Resep Candil Ubi Jalar

Resep Biji Salak Candil Ubi Jalar
Cara Membuat dan Resep Biji Salak - Hidangan Biji Salak ini adalah salah satu hidangan yang sangat di gemari banyak orang untuk dijadikan hidangan berbuka puasa. Anda juga dapat dengan mudah bisa membelinya di penjual penganan. Apa lagi di bulan puasa banyak yang jual biji salak ini. Tetapi tak ada salahnya jika buntik mengolah sendiri makanan biji salak ini untuk berbuka pusa bersama keluarga di rumah. Karena selain menghemat, rasa biji salak yang di buat sendiri akan berbeda sekali dari pada beli di luaran sana, tentunya akan terasa lebih lezat dan buntik juga bisa yakin dengan kebersihan bahan baku yang buntik gunakan.

Hidangan manis yang kaya akan gula dan karbohidrat ini sangat baik sekali untuk kesehatan apabila dihidangkan saat berbuka puasa. Karena Biji salak ini akan cepat mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa. Dan juga Lambung yang seharian kosong di anjurkan sebaiknya jangan langsung di isi dengan makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya.

Sangat mudah dan gampang sekali buntik membuat hidangan biji salak ini karena bahan yang mudah di dapat dan cara membuat yang tidak terlalu ribet, saya yakin buntik akan sukses membuatnya dalam satu kali coba. Dan berikut di bawah ini bagaimana cara dan resep biji salak yang bisa anda buat di rumah.

Resep Biji Salak


Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
20 minit 25 minit 45 minit 5 Porsi

No Bahan Bubur Berat
1 air 750 ml
2 gula merah, sisir halus 250 gram
3 gula pasir 50 gram
4 daun pandan 3 lembar
5 garam ½ sendok teh

No Bahan Biji Salak Berat
1 ubi jalar, kupas, cuci bersih, kukus, haluskan. 500 gram
2 tepung tapioka 100 gram
3 garam ½ sendok teh

No Bahan Saus Santan Berat
1 santan 300 ml
2 daun pandan 2 lembar
3 garam ½ sendok teh
4 tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air ½ sendok teh


Cara Membuat  Biji Salak
  • Masukan dan campurkan 500 gram ubi jalar, ½ sendok teh garam dan 100 gram tepung tapioka ke dalam wadah, aduk sampai menjadi adonan yang mudah di bentuk lalu bentuk adonan menjadi bulatan kecil sebesar kelereng dan Sisihkan.
  • Kemudian rebus 750 ml air, 250 gram gula merah, 50 gram gula pasir, 3 lembar daun pandan dan ½ sendok teh garam sampai mendidih. lalu angkat dan saring.
  • Setelah di saring masak kembali larutan gula tersebut sampai mendidih dan juga masukkan biji salak yang sudah buntik tadi bentuk, masak sampai biji salak mengapung dan angkat.

Membuat Saus Santan
  • Rebus 300 ml santan, 2 lembar daun pandan, dan ½ sendok teh garam sampai mendidih sambil diaduk perlahan-lahan lalu masukkan larutan tepung maizena, masak terus santan mengental dan Angkat.
  • Terakhir sajikan bubur biji salak dengan tiga sendok makan saus santan diatasnya.

Jika buntik memiliki putra-putri yang sedang belajar puasa, proses dalam menyiapkan hidangan pembuka ini bisa dijadikan kegiatan untuk menunggu saat adzan Maghrib. dan proses membuat bulatan-bulatan biji salak dari ubi kukus ini pasti akan sangat menyenagkan untuk si anak. sekian dari INIRecipes dan Selamat mencoba resep biji salak ini, dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman buntik yang lain melalui akun social media yang buntik punya. Terimakasih!

BACA JUGA YANG INI:

Resep Candil Ubi Jalar

Baca Juga Ini