Resep Wedang Ronde

Resep Wedang Ronde

Resep Wedang Ronde
Wedang Ronde - Biasanya pembuatan wedang ronde ini dari kacang, namu untuk kali ini aku mau membuat wedang ronde yang berbeda dari biasanya yaitu wedang ronde berisi parutan kelapa yang di campur dengan gula jawa.

Resep Membuat Wedang Ronde

Bahan - Bahan
  1. Tepung ketan sebanyak 500 gram
  2. Air hangat sebanyak 2 gelas
Bahan Adonan ronde merah
  1. Pewarna merah sebanyak 3 tetes
  2. Garam secukupnya
Bahan Adonan ronde hijau
  1. Air Daun suji sebanyak 1 sendok makan
  2. Air daun pandan sebanyak 1/3 sendok makan
  3. Garam secukupnya
Bahan Isi ronde merah
  1. Gula jawa di iris tipis sebanyak 100 gram
  2. Kelapa parut sebanyak ¼ butir
  3. Garam secukupnya
Bahan Isi ronde hijau
  1. Kacang tanah dikupas lalu di sangrai sebanyak 200 gram
  2. Gula sebanyak 100 gram
Bahan Membuat Wedang
  1. Jahe sebanyak 2 ruas jari
  2. Serai sebanyak 1 batang
  3. Gula jawa sebanyak 1 balok
Caranya Membuat Wedang Ronde

Membuat Adonan ronde
  • Masukkan 2 gelas air hangat sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung ketan dan garam secukupnya, sambil adonan di uleni hingga tidak lengket lalu bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian di beri pewarna merah, dan satu adonan lagi di beri pewarna hijau kemudian uleni masing-masing adonan sampai warnanya tercampur dengan rata.
Membuat Wedang
  • Rebus air bersih agak banyak hingga mendidih, lalu masukkan 2 ruas jahe, 1 batang serai, dan 1 balok gula merah dan masak hingga airnya mendidih dan gula jawa larut.
Membuat Isi ronde
  • Membuat isi ronde hijau tumbuk kasar 200 gram kacang tanah dengan 100 gram gula.
  • Untuk membuat isi ronde merah, panaskan 100 gram irisan gula jawa menggunakan api kecil hingga meleleh, lalu tambah garam secukupnya, kemudian masukkan ¼ butir parutan kelapa, aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata serta warna dari gula jawa meresap pada parutan kelapa
Penyelesaian
  • Ambil adonan tepung ketan warna merah sedikit, lalu pipihkan dan cubit tengahnya sampai membentuk seperti mangkuk, kemudian Isi dengan campuran gula jawa dan parutan kelapa, dan tutup rapat dan bulatkan lagi. Untuk yang hijau, isi dengan campuran kacang dan gula. Cubit-cubit pinggirnya untuk menutup rapat rondenya. Rebus air sampai mendidih masukkan adonan satu per satu. Rebus sampai ronde mengapung kalau sudah matang. Angkat dan tiris sebentar.
  • Wedang Ronde enak kini siap untuk disantap, cara penyajiannya masukkan beberapa butir ronde lalu masukan ke dalam gelas kemudian siram dengan kuah wedang.
Untuk lebih jelasnya silahkan bunda simak video berikut ini :

BACA JUGA YANG INI:

Resep Wedang Ronde

Baca Juga Ini