Resep Sup Tomat Daging Asap

Resep Sup Tomat Daging Asap

Cara Membuat Sup Tomat Daging Asap


BAHAN-BAHAN

  • 10 buah tomat yang sudah matang
  • 1 liter air bersih
  • 2 bungkus Royco yang Rasa Sapi/ Bumbu Pelezat Serbaguna
  • 1 buah bawang bombay yang sudah dipotong seoerti dadu kecil
  • 50g daun seledri yang diikat
  • 100g daging asap, kalau tidak ada bisa diganti dengan lidah asap yang sudah direbus serta diganti airnya beberapa kali hingga terasa empuk, lalu kupas kulitnya dan dipotong-potong sperti dadu.
  • 100g pasta dan rebus ½ matang menggunakan sedikit garam dan minyak lalu angkat dan siram dengan air dingin baru disisihkan sejenak
  • ½ sdt lada
  • ½ sdt pala bubuk
  • 2 sendok makan tomat pasta atau saus tomat
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan margarine
  • 1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air
  • Sosis sapi yang sudah dipotong-potong bulat kira-kira 1 cm atau sesuai selera masing-masing

CARA MASAK

  1. Rebus tomat terlebih dahulu sampai matang dengan menggunakan air sebanyak 1 lt air dan lumatkan lalu saring, untuk di ambil airnya untuk ampasnya dibuang saja.
  2. Setelah itu panaskan margarine dan tumis bawang bombay sampai tercium harum dan tambahkan sedikit layu lalu masukan kedalam sari tomat yang tadi di buat di point pertama.
  3. Kemudian rebus kembali sari tomat yang tadi dan tambahkan lada, pala, Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi, tomat pasta, gula, dan seledri lalu diamkan sampai mendidih serta menggunakan api yang kecil.
  4. Kalau sudah mendidih, tambahkan pasta lalu masak beberapa menit kira-kira 10 menitan dengan menggunakan api kecil
  5. Dan terakhir masukan daging asap dan sosis yang tadi si siapkan,
  6. Kenapa daging dan sosinya di masukan di akhir?
  7. karena pada dasarnya daging asap dan sosis sudah matang.
  8. Sup tomat daging asap siap untuk di hidangkan
Resep Sup Tomat Daging Asap
Porsi:4 OrangWaktu Persiapan30 MenitWaktu Masak25 Menit

Cerita resep sup tomat daging asap ini

Ini adalah menu kesukaan suami saya, pertama saya belajar memasak ya sup tomat ini ketika saya masih perawan, awalnya saya buat sup ini rasanya aneh dan ga enak, mungkin karena saya baru belajar masak, tapi saya tidak menyerah begitu saja, saya bertanya ke ibu dan akhirnya saya di ajarkan sama ibu saya. sekarang masakan buatan saya sangat di sukai sama keluarga saya di rumah dan setelah saya menikah pertama kali di masakin sup tomat daging asap untuk suami saya dan suami saya menyukainya, sampai sekarang suaminya tidak suka makan di luar kalo istirahat kerja pasti suami saya nyempetin pulang untuk makan bersama di rumah.

Tips resep sup tomat daging asap ini

Pilih bahan-bahan yang berat seperti daging dan sosisnya serta pilih tomat yang masih segar supaya nanti hasilnya enak dan gizinya banyak.

Kandungan Gizi Sup Tomat Daging Asap

Takaran saji/1 sajian
NO Jumlah per sajian
1 Energi total 230 kkal
2 Energi dari lemak 67 kkal
3 Lemak total 7.4 g
4 Lemak Jenuh 2.1 g
5 Lemak Trans 0.2 g
6 Kolesterol 34.2 mg
7 Natrium 1963.8 mg
8 Karbohidrat total 31.9 g
9 Serat Pangan 2.4 g
10 Gula 12.3 g
11 Protein 10.3 g
12 Vitamin A 1682.8 IU
13 Vitamin C 32.9%
14 Kalsium 6.1%
15 Zat Besi 9.9%

BACA JUGA YANG INI:

Resep Sup Tomat Daging Asap

Baca Juga Ini