Resep Kue Lidah Kucing

Resep Kue Lidah Kucing

Resep Kue Lidah Kucing
Resep Kue Lidah Kucing - Kue Semprit ini di adaptasi dari kue khas negara Belanda atau ‘kattetong’ secara harfiah yang artinya ialah lidah kucing. Dari segi tampilanya yang panjang dan tipis serta rasanya nama lidah kucing kue ini berasal. Cara membuatnya juga kue lidah kucing ini bisa dibilang sangat mudah sekali, baik secara teknik pembuatan serta bahan-bahan yang di gunakan. Namun yang harus buntik perlu perhatikan hanyalah pada saat proses pemanggangannya saja. Buntik Jangan sekali-kali mengunakan oven dengan kadar suhu yang tinggi, buntik cukup gunakan di suhu 160OC, dengan lama pemanggangan kira-kira 20 menitan.karena  Jika buntik mengunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, maka kue lidah kucing akan gosong dan tidak akan matang dengan sempurna.

Dan juga Saat ini dipasaran atau di belanja online seperti di Lazada, Tokopedia, Buka Lapak dan yang lainnya sudah banyak yang jual loyang khusus untuk kue lidah kucing, sehingga buntik bisa meminimalkan risiko kue nantinya patah saat diangkat dari loyang atau bentuknya yang tidak cantik serta tidak rata di karnakan adonan meleber ketika dicetak. Maka dari itu dengan loyang khusus ini, buntik hanya perlu mengoles margarin saja setiap kali mau memanggang. Jika buntik suka buntik bisa menambahkan sedikit bahan perenyah kue ke dalam adonan. Tetapi biasanya jika perbandingan putih dan kuning telurnya tepat, bahan perenyah kue ini tidak perlu di gunakan.

Cara Membuat dan Resep Lidah Kucing



Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
30 minit 60 minit 1 jam 30 minit 800 gram

No Bahan Berat
1 mentega 600 gram
2 gula halus 350 gram
3 pasta vanili 1 sendok teh
4 tepung terigu protein rendah 600 gram
5 susu bubuk fullcream 50 gram
6 gula pasir 2 sdm
7 telur, ambil putihnya saja 4 butir
8 kuning telur 2 butir

Cara Membuat Kue Lidah Kucing
  1. Pertama kocok 600 gram mentega, 350 gram gula halus, 1 sendok teh pasta vanili sampai putih pucat, lalu masukan 2 butir kuning telur, dan kocok kembali sampai adonan mengembang.
  2. Setelah adonan telur mengembang masukan 600 gram tepung terigu dan 50 gram susu, sambil di ayak ketika memasukannya.
  3. Sementara itu sekarang kocok 4 butir putih telur di dalam wadah yang berbeda sampai mengembang lalu masukkan 2 sendok makan gula pasir dan kocok terus sampai kaku.
  4. Kemudian masukkan adonan putih telur sedikit demi sedikit pada adonan kuning telur tadi sambil diaduk sampai benar-benar tercampur dengan rata menggunakan spatula.
  5. Terakhir masukan adonan yang sudah jadi ke dalam plastik yang berbentuk segitiga yang sudah di pasang spuit bermotif polos.
  6. Lalu semprotkan adonan ke dalam cetakan lidah kucing dan panggang dalam oven dengan tingkat suhu 160C selama kurleb 20 menitan
Note : Ketika saat mengemas kue ini buntik sebaiknya berhati-hati di karnakan kue ini sangat mudah patah dan hancur. Sama juga seperti kue kering lain, dan juga sebaiknya kue ini di kemas dalam toples yang tertutup rapat supaya kerenyahannya bertahan sampi 2-3 bulan. maka dari itu buntik bisa membuat kue ini dari jauh-jauh hari sebelum hari raya.

Baca Juga : 

BACA JUGA YANG INI:

Resep Kue Lidah Kucing

Baca Juga Ini