Resep Brownies Kukus

Resep Brownies Kukus

Resep Brownies Kukus
Brownies Kukus Ny. Liem 2 – Sebenarnya sudah lama sekali aku mau membuat Brownies kukus cokelat Ny. Liem ini dan baru hari ini baru bisa terlaksana, tadinya bahan minyak mau aku ganti dengan margarin, tapi setelah aku pikir-pikir lagi, kelembutan brownies kukus berasal dari bahan minyak yang di gunakan, karena kalo minyak di simpan di suhu ruang, minyak tidak akan membeku, sedangkan kalau butter jika di simpan pada suhu ruangan pasti langsung mengeras. Akhirnya aku menemukan solusinya supaya aku tetap bisa menggunakan butter & margarin dalam membuat brownies kukus ini tapi tetep lembuat. Jadi aku pakai setengah minyak dan setengah butter & margarin, pasti di dalam pikiran bunda sekarang kenapa aku ngotot banget pengen menggunakan butter & margarin?? .... karena menurut aku kedua bahan tersebut mempunyai rasa yang gurih. Popknya kalo aku membuat cake, kukis atau apa aja pasti aku menggunakan campuran antara butter dan margarin Blueband. Dan hasil perpaduan antara kedua bahan tersebut sangat pas sekali. aroma susu dari butternya ada,dan juga aroma wangi yang khas dari margarinnya juga kuat, pokoknya yummy deh bun. Berikut di bawah ini Resep Brownies Kukus Ny. Liem

Resep Brownies Kukus


Bahan - Bahan A
  1. Telur sebanyak 6 butir
  2. Gula pasir sebanyak 225 gram (kalo aku memakai 230 gram)
  3. Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
  4. Garam sebanyak ¼ sendok teh
  5. Emulsifier sebanyak 1 sendok teh
Bahan - Bahan B
  1. Tepung terigu protein sedang sebanyak 125 gram
  2. Cokelat bubuk sebanyak 50 gram
  3. Baking powder sebanyak ½ sendok teh
Bahan - Bahan C
  1. Minyak goreng sebanyak 100 ml
  2. Margarin sebanyak 35 gram
  3. Butter sebanyak 30 gram
  4. Dark cooking cokelat sebanyak 100 gram
Bahan - Bahan D
  1. Susu kental manis sebanyak 75 ml
Cara Membuat Brownies Kukus
  • Masukkan 100 ml minyak, 30 gram butter, 35 gram margarin dan 100 gram dark cokelat ke dalam wadah lalu panaskan di atas api sedang hingga meleleh, tapi jangan sampai mendidih, cukup meleleh saja, dan sisihkan.
  • Campurkan dan kocok semua bahan-bahan A menjadi satu sampai mengembang dan mengental berjejak, lalu masukkan semua bahan-bahan B sedikit-sedikit sambil diayak dan adonanya di aduk sampai rata, kemudian tuangkan semua bahan-bahan C, dan aduk-aduk secara perlahan dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  • Setelah itu ambil adonan tersebut sebanyak 100 gram, lalu campurkan dengan bahan-bahan D,aduk rata, sisihkan.
  • Sediakan loyang berukuran 20x20x7 cm lalu olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti kemudian tuangkan ½ adonan dan kukus selama kurang lebih 10 menit didalam dandang yang sudah di panaskan sebelumnya di atas api sedang (karena jika apinya terlalu tinggi, nanti hasil kue brownies nya akan bergelombang di bagian permukaan)
  • Setelah 10 menit berlalu tuangkan adonan yang telah di campurkan dengan bahan-bahan D, dan kukus kembali selama 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan, kemudian kukus lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang, angkat dan dinginkan.
Alhamdullilah menghasilkan resep brownies panggang / kukus coklat yang teksturnya lembut serta agak sedikit moist dan rasa gurih khas dari butter dan margarin. Selamat mencoba...

BACA JUGA YANG INI:

Resep Brownies Kukus

Baca Juga Ini