Cara Membuat Es Kelapa dan Es Rumput Laut Cincau

Cara Membuat Es Kelapa dan Es Rumput Laut Cincau


  • Es Kelapa
Cuaca yang panas enaknya menikmati segelas minuman dingin dan segar untuk menghilangkan dahaga seperti es kelapa ini. Es kelapa memang banyak dan mudah kita dapatkan di pinggir-pinggr jalan banyak yang jual, namun akan sangat berbeda rasanya apa bila kita sendiri yang membuat es kelapanya untuk keluarga. Dan berikut cara membuat dan resep es kelapa dari INIResep untuk bunda-bunda cantik dan kece-kece.

Resep Es Kelapa

Resep Es Kelapa

No Bahan Es Berat Bahan Saus (rebus) Berat
1 dawet hijau, ditiriskan 150 gram santan 500 ml atau dari 1 butir kelapa
2 kelapa muda, dikeruk lebar 250 gram gula pasir 100 gram
3 sirop merah coco pandan 1 sendok teh daun pandan 2 lembar
4 selasih, direndam 100 ml garam 1/4 sendok teh
5 susu kental manis 50 ml
6 es serut 1.000 gram

Cara membuat es kelapa:
Buntik hanya membuat Saus, denagan merebus 500ml santan, 100gram gula pasir, tambahkan 2lembar daun pandan, dan 1/4 garam kemudian aduk-aduk sampai rebusan mendidih. lalu dinginkan, setelah dingin masukan semua bahan es seperti Dawet hijau, kelapa muda yang sudah di keruk lebar, selasih, susu kental sirop merah coco pandan dan es serut. dan akhirnya es kelapa siap untuk di hidangkan. untuk anak dan suami atau teman-teman buntik di rumah. takaran resep di atas untuk 4 porsi

Note : pilih bahan/kelapa yang masih segar 

  • Es Rumput Laut Cincau
Tidak perlu bingung dalam memilih minuman segar untuk pelaepas dahaga atau sebagai hidangan penutup sesudah makan siang. Minuman segar seperti es rumput laut cincau ini salah satunya dan sangat mudah untuk kita bikin di rumah, dan berikut cara dan resepnya.

Resep Es Rumput Laut Cincau

Resep Es Rumput Laut Cincau

No Bahan - Bahan Berat
1 rumput laut 250 gram
2 avokad, dikeruk 1 buah
3 cincau hijau, dipotong kotak 250 gram
4 nanas, dipotong kipas 150 gram
5 es serut 300 gram

No Bahan Sirop Gula Berat
1 gula merah sisir halus 300 gram
2 air 200 ml

No Bahan Kuah Santan Berat
1 santan 500 ml
2 daun pandan 1 lembar
3 garam 1/8 sendok teh

Cara membuat es rumput laut cincau:
Pertama kita bikin Sirop gulanya terlebih dahulu, dengan merebus 300gram gula merah dengan 200ml air aduk sampai gula benar-benar larut. dan sisihkan.
Kemudian buat kuah santannya, rebus 500 ml santan, tambahkan 1/8 sendok teh garam dan 1 lembar daun pandan lalu aduk-aduk sampai air rebusan mendidih.
Dan Sajikan rumput laut, avokad, cincau, dan nanas dengan sirop gula dan kuah santan yang tadi buntik buat sesuai selera masing-masing, dan jangan lupa tambahkan es serut biar lebih mantab dan segarr ketika di minum. takaran resep di atas di anjurkan untuk 5 porsi.

BACA JUGA YANG INI:

Cara Membuat Es Kelapa dan Es Rumput Laut Cincau

Baca Juga Ini