Resep Marmer Cake Jadul

Resep Marmer Cake Jadul

Resep Marmer Cake Jadul
Marmer Cake Jadul (No Food Additives) - sebenarnya sudah lama aku mau membuat kue bolu marmer jadul ini.karena bolu marmer ini kata temanku sangat lembut dan enak sekali rasanya, aku jadi ingin segera membuat dan pengen cepat-cepat merasakan kelembutan kue ini. Dan aku langsung mencari referensi baca-baca tentang resepnya.


Ketika aku membaca resepnya lagi dengan detail, ternyata kue bolu marmer jadul ini dalam pembuatanya memakai metode pengocokan all in one misalnya gula dan tepung serta telur dikocok secara bersamaan sampai mengental lalu margarin leleh di masukkan, aku jadi tertarik dengan mentodenya. Karena terus terang saja aku sebelumnya belum pernah membuat kue dengan metode pengocokan all in one ini. Ini wajib untuk saya coba, karena penasaran dengan metode pembuatanya. dan akhirnya kesampaian juga membuat kue mrmer jadul ini di hari libur di temani anak-anak ku. Tetapi waktu itu aku tidak memakai emulsifier, pas sedang membuatnya aku sangat was-was takut hasilnya tidak memuaskan dan bantat. Dan setelah kuenya mateng aku cobain dan wowwww sangat mengejutkan sekali karena cake nya mengembang dengan sempurna dan terlihat cantik. Alhamdulillah aku jadi senang sekali, dan aku jadi mengetahuinya bahwa metode pengocokan all ini one ini bisa kita gunakan untuk membuat cake yang lainnya.

Resep Marmer Cake Jadul

Bahan – Bahan Marmer Cake Jadul
  1. Telur sebanyak 5 butir
  2. Gula pasir sebanyak 125 gram
  3. Emulsifier sebanyak 1 sendok teh (boleh di skip jika tidak ada)
  4. Vanilla sebanyak 1 sendok teh (boleh di skip jika tidak ada)
  5. Tepung terigu serbaguna (protein sedang) sebanyak 150 gram
  6. Tepung maizena sebanyak 15 gram
  7. Susu bubuk sebanyak 15 gram (boleh di skip jika tidak ada)
  8. Margarin, dilelehkan sebanyak 100 gram
  9. Minyak sayur sebanyak 50 gram
  10. Pasta coklat atau pasta black forest sebanyak 1-2 sendok teh (atau bunda bisa menggunakan 2 sendok makan coklat bubuk yang di larutkan dengan  2 sendok makan air hangat)

Cara Membuat Marmer Cake Jadul
  • Pertama-tama panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu deg180C, lalu persiapkan loyang tulban berukuran 20 cm dan olesi dengan margarin secara tipis lalu taburi dengan sedikit tepung.
  • Campurkan dan ayak 150 gram tepung terigu dengan 15 gram tepung maizena dan 15 gram susu bubuk.
  • Kocok 5 butir telur dengan 125 gram gula pasir, 1 sendok teh emulsifier, 1 sendok teh vanilla dan campuran tepung tadi sampai mengembang dan mengental (metode all in one) selama 5 – 10 menit.
  • Sementara itu campurkan 100 gram margarin leleh dengan 50 gram minyak sayur, kemudian setelah adonan mengental tuangkan sedikit-sedikit ke dalam adonan. Sambil diaduk bolak-balik sampai tercampur dengan rata dan homogen. dengan menggunakan mixser berkecepatan rendah
  • Ambil adonan sebanyak 2 sendok sayur, lalu campurkan dengan pasta coklat. Aduk rata.
  • Tuangkan adonan putihnya ke atas loyang tulban, lalu masukkan adonan coklat tadi di atasnya. Dan untuk membuat motif marmernya bunda bisa menggunakan garpu atau tusuk sate dan sumpit dengan di tusuk-tusukan
  • Oven cake sampai matang selama 35-45 menit, karena itu tergantung oven yang di gunakan. Dab bunda bisa melakukan tes dengan di tusuk atau tes sentuh.
  • Jika sudah matang angkat dan langsung segera keluarkan cake dari loyangnya supaya nantinya cake tidak menciut.
  • Potong-Potong dengan besar menurut selera masing-masing dan sajikan selagi masih hangat marmer cake empuk ini.

Note : Karena setok di rumah habis, saya memakai tepung terigu protein rendah.
Dan untuk suhu ovennya bisa disesuaikan dengan oven yang bunda gunakan. Kalo aku memakai oven microwave, dengan suhu 180 deg C,

Source : Kue Bolu Marmer Pak Sahak Via ummufatima

BACA JUGA YANG INI:

Resep Marmer Cake Jadul

Baca Juga Ini