Resep Krengsengan Ayam Yang Enak, Gurih dan Pedasnya Bikin Nagih

Resep Krengsengan Ayam Yang Enak, Gurih dan Pedasnya Bikin Nagih

Resep Krengsengan Ayam
KRENGSENGAN AYAM – Hari ini aku pergi ke market di salah satu dept store di kotaku, aku di sana menemukan harga sayap ayam lagi discout besar-besaran dan juga sayapnya kelihatan masih segar, akhirnya aku membeli beberapa kg untuk menu makan malam nanti, biasanya jika memasak daging ayam aku suka di masak ayam suwir teriyaki, tetapi untuk kali ini aku mau mencoba di masak krengsengan ayam karena kalo sayap di buat swiran agak sedikit susah. Tetapi jangan salah krengsengan aya versiku ini tidak kalah lezatnya dengan swiran, kalo bunda tidak percaya silahkan coba dengan resep ayam di bawah ini :


Resep Krengsengan Ayam


Bahan - Bahan
  1. Daging ayam sebanyak 500 gram, dipotong-potong, kalo aku memakai sayap ayam ----> aku rebus dulu sebentar ayamnya dengan bawang putih halus dan sedikit garam
  2. Lengkuas, dimemarkan sebanyak 2 ruas
  3. Daun salam sebanyak 2 helai
  4. Serai, dimemarkan sebanyak 1 batang
  5. Kecap manis sebanyak 5 sendok makan
  6. Air secukupnya (aku memakai air kaldu bekas dari rebusan ayam tadi yang telah disaring)
  7. Garam secukupnya
  8. Gula pasir secukupnya
  9. Merica bubuk secukupnya
  10. Cabe rawit utuh sebanyak 10 buah
  11. Minyak untuk menumis sebanyak 3 sendok makan

Bahan Bumbu Yang di Haluskan
  1. Bawang merah sebanyak 7 butir
  2. Bawang putih sebanyak 5 siung
  3. Kemiri bakar sebanyak 3 butir
  4. Jahe sebanyak 2 cm
  5. Cabe merah sebanyak 6 buah
  6. Cabe rawit sebanyak 5 buah atau sesuai selera

Cara Membuat Krengsengan Ayam
  • Panaskan 3 sendok makan minyak, lalu tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai matang, kemudian masukkan 2 ruas lengkuas, 2 helai daun salam dan 1 batang serai. Aduk rata.
  • Setelah itu masukkan 500 gram potongan ayam, aduk-aduk sampai warnanya berubah, lalu masukkan 5 sendok makan kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya kemudian tuangkan air atau kaldu secukupnya.
  • Masak sampai semua bumbunya meresap ke dalam dan airnya menyusut kemudian masukkan 10 buah cabe rawit lalu test rasanya sampai sesuai dengan selera bun ya.
  • Jika sudah pas angkat segera dan tuangkan di atas piring saji, lalu taburi dengan sedikti bawang goreng dan kini krengsengan ayam enak, lezat dan gurih siap untuk disajikan bersama dengan 1 piring nasi putih panas.

Notes :
Jika bunda menyukai petis udang bisa menambahkannya sebanyak 1 sendok makan saja.
Kalo aku pribadi lebih menyukai krengsengan ayam yang ada kuahnya atau nyemek, silahkan bisa bunda sesuaikan dengan seleranya masing-masing  jika suka yang kuahnya encer atau kuahnya sedikit atau kering.

BACA JUGA YANG INI:

Resep Krengsengan Ayam Yang Enak, Gurih dan Pedasnya Bikin Nagih

Baca Juga Ini