Resep Kue Bawang

Resep Kue Bawang

Resep Kue Bawang
Resep Kue Bawang - Inilah salah satu kue kering khas Lebaran yang sangat mudah dibuatnya dan juga tidak perlu menggunakan oven untuk membuatnya yaitu kue bawang. Dan kue kering ini ada di setiap rumah sebagai suguhan bagi tamu lebaran. Dengan cara pembuat serta bahan-bahan yang di gunakan mudah dicari maka dari itu kue ini menjadi salah satu faktor di jadikan salah satu favorit para ibu rumah tangga membuatnya.

Namun untuk membuat kue bawang ini di butuhkan mesin pembuat kulit molen.tetapi jika buntik tidak mempunyai mesin tersebut, buntik tidak perlu mengurungkan niat untuk membuatnya. Karena ada solusi lain ialah buntik dapat menggantinya dengan menggunakan roller pin/ penggiling adonan atau botol bekas kecap, sirup dan sejenisnya. Buntik hanya menggilasnya menggunakan alat tersebut dan setelah adonan digilas sesuai ketebelan yang diinginkan, lalu potong kecil-kecil dengan pisau dan bentuk sesuai selera masing-masing.

Supaya nanti kue bawang hasilnya tetap renyah dalam jangka waktu yang cukup agak lama, sebaiknya buntik gunakan tepung terigu yang berprotein sedang dan saat meniriskan kue bawang dari minyak goreng, usahakan sampai benar tiris dengan sempurna. Sampai tidak ada minyak goreng yang menempel, karena nantinya kalau tidak benar2 tiris ketika di simpan dalam wadah tertutup, nantinya bisa berakibat kue bawang akan menjadi cepat bau apek.

Dan berikut di bawah ini INIRecipes akan membagikan resep kue bawang yang bisa buntik mencobanya di rumah.

Resep Kue Bawang Renyah



Waktu persiapan Waktu memasak Waktu total Saran penyajian
20 minit 60 minit 1 jam 20 minit 500 gram

No Bahan-bahan Berat
1 tepung terigu protein sedang 250 gram
2 tepung tapioka 50 gram
3 telur 2 butir
4 santan kental 75 ml
5 tepung, untuk taburan 50 gram
6 Minyak untuk menggoreng Secukupnya

No Bumbu halus Berat
1 bawang putih 4 siung
2 garam 1 sdm
3 bawang merah 2 butir
4 daun seledri dicincang halus 2 sdm

Cara membuat dan Resep Kue Bawang


  • Campurkan 250 gram tepung terigu, 50 gram tepung tapioka, bumbu-bumbu halus, 2 butir telur, dan 75 ml santan. Aduk-aduk lalu uleni sampai tercampur dengan rata dan mengkalis. dan masukkan daun seledri yang sudah di cincang.
  • Ambil alat penggiling pasta yang sudah di siapkan lalu giling adonan sampai menjadi lembaran setebal kurang lebih 2 mm.
  • Kemudian bentangkan lembaran adonan di atas talenan, lalu potong-potong dan bentuk sesuai selera masing-masing. Atau buntik bisa membuatnya menjadi seperti batang korek api dengan menggunakan cetakan pasta. dan taburi dengan tepung terigu semua adonan yang sudah di cetak supaya nantinya ketika di goreng tidak lengket dan saling menempel.
  • Terakhir panaskan minyak wajan lalu goreng semua adonan yang sudah di cetak sampai berubah warna menjadi kuning agak kecoklatan. lalu angkat dan tiriskan.
  • Setelah dingin dan sudah tidak ada minyak yang menempel, masukan dan simpan ke dalam stoples yang kedap udara.
Kue bawang ini jika di simpan di dalam stoples yang kedap udara akan bertahan sampai 2 bulan, dengan catatan selama buntik menggunakan minyak goreng yang berkualitas baik dan juga proses penirisan minyaknya di lakukan dengan baik/sampai benar-benar tiris.

BACA JUGA YANG INI:

Resep Kue Bawang

Baca Juga Ini