Resep Donat Kentang Ala NCC Lengkap Dengan Tips di Jamin Langsung Enak, Empuk dan Anti Gatot Momsss

Resep Donat Kentang Ala NCC Lengkap Dengan Tips di Jamin Langsung Enak, Empuk dan Anti Gatot Momsss

Donat Kentang Ala NCC
Resep Donat Kentang Ala NCC - Akhirnya kesampaian juga bikin donat sendiri. Actually, sebenarnya bukan pertama kali ini bikin donat, tapi selama ini kalau bikin donat seringnya cuma bantuin Mama. Jadi gak pernah deh posting tentang donat. Nah kalau yang ini bener-bener aku lho yang bikin. Mulai dari menyiapkan bahan, nguleni, menggoreng dan menghias semua aku lakuin sendiri. Duuh...gitu aja bangga ya heheheheh. Jadi boleh deh donk kalau yang ini diposting di blog.

Kali ini aku memakai resep donat kentang NCC yang sudah terkenal enak dan empuk. Sudah banyak yang membuktikan kesaktian resep donat ini (halaah....kok sakti ya). Tapi bener deh...silahkan dibuktikan sendiri kalau resep donat kentang ini enak. Aku sengaja menyisakan 1 donat untuk dimakan keesokan harinya, tetap enak dan empuk lho. Untuk yang penasaran, mari singsingkan lengan baju untuk menguleni adonan donat

Donat Kentang Ala NCC

Bahan Bahan
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram ragi instan
  • 200 gram kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan
  • 100 gram gula kastor
  • 75 gram mentega
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin

Cara Membuat Donat Kentang Ala NCC

Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.

Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.

Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.

Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gram dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.

Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.

Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Ternyata menghias donat itu gak mudah ya. Lihat aja tuh, topping donatku berantakan semua >.<
Benar-benar butuh ketelatenan biar toppingnya bisa cantik dan rapi.

Berikut ini beberapa tips sukses membuat donat kentang yang lagi-lagi aku lihat dari NCC

1. Siapkan semua bahan dengan baik, tanpa ada yang tertinggal satupun, termasuk garam lho yaaa.

2. Seperti halnya membuat roti, harus selalu diingat kalau ragi dan atau mentega gak boleh ketemu garam, karena nanti raginya mati dan tidak bisa mengembangkan adonan. Jadi masukkan garam dan mentega setelah adonan setengah kalis.

3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus sehingga adonannya bisa licin.

4. Kentang halus dimasukkan setelah benar-benar dingin ya. Kalau masih panas dimasukkan adonan, bisa mengakibatkan ragi mati dan tidak berfungsi.

5. Uleni adonan hingga kalis elastis sehingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin sehingga donatnya bisa cantik setelah digoreng.

6. Selalu gunakan api sedang, agar donat tidak cepat gosooong.

7. Gunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar ini juga membantu terbentuknya donat yang bundar.

8. Setelah salah 1 sisinya kecoklatan, segera balikkan dan teruskan menggoreng hingga sisi yang lain kecoklatan. Segera angkat dan tiriskan.

Udah capek nguleni, malas deh melelehkan coklat aneka warna, jadi harap maklum ya kalau cuma ada warna coklat dan putih aja. Penguasa dapurnya udah capek dan kekenyangan ngicip donat ^_^

Tuh lihat tekstur donatnya, kelihatan empuknya kan. Ssst...makan 1 pasti kurang lho terutama bagi yang lagi lapar berat xixixixixi....

Setelah proofing. siap untuk digoreng.

Cihuuuy. sudah matang semua, siap untuk dihias dengan aneka topping

Alhamdulillah. akhirnya tuntas rasa penasaran bikin donat sendiri tanpa bantuan yang lain. Capek pastinya, tapi semua terbayar lunas setelah donatnya jadi dan dinikmati keluarga. So...let's make homemade donuts.

BACA JUGA YANG INI:

Resep Donat Kentang Ala NCC Lengkap Dengan Tips di Jamin Langsung Enak, Empuk dan Anti Gatot Momsss

Baca Juga Ini